Cara Mengalahkan Shadow Lord Final Fantasy - Tekno Match

    Social Items

The Shadow Lord Invade menjadi raid event terbaru dalam game Final Fantasy Brave Exvius. Dalam raid event kali ini, kamu akan berhadapan dengan Shadow Lord, salah satu boss yang bisa kamu temukan dalam game online Final Fantasy XI. Nah, Shadow Lord di Brave Exvius ini juga terbukti cukup sulit untuk dikalahkan di level ELT karena memiliki DEF dan SPR yang tinggi. Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada cara mengalahkan Shadow Lord ELT, lho!

Cara Mengalahkan Shadow Lord Final Fantasy

Sebelum kita mulai membahas bagaimana cara mengalahkan Shadow Lord ELT, ada baiknya kamu melihat statistiknya terlebih dahulu di sini:

Cara Mengalahkan Shadow Lord Final Fantasy

Seperti yang bisa kalian lihat di atas, Shadow Lord memiliki HP setebal 4 juta. DEF dan SPR-nya juga tidak kalah tebal, yaitu: 3.500. Selain itu, dia memiliki 100% Dark Resistance—yang mana membuatnya sulit diberi damage menggunakan serangan berelemen Dark. Meskipun kamu bisa men-debuff Dark Resistance miliknya, tetapi hal ini tidak saya sarankan karena akan mengurangi efisiensi pertarungan.

Alur Pertahanan Shadow Lord


Meskipun memiliki DEF dan SPR yang sangat tebal, tetapi seiring berjalannya pertarungan, Shadow Lord akan men-debuff DEF atau SPR-nya dengan sangat drastis. Pada giliran pertama, dia akan memiliki DEF dan SPR sebesar 3500. Saya sarankan pada giliran ini, kamu mem-buff party-mu karena mustahil untuk menghabiskan HP tebalnya pada giliran pertama.

Nah, pada giliran kedua dan seterusnya, Shadow Lord akan men-debuff DEF atau SPR-nya setiap 3 kali giliran. Kamu bisa melihat tabel di bawah ini:

GiliranAlur AAlur B
1
2Lemah Terhadap Magic AttackLemah Terhadap Physical Attack
3Lemah Terhadap Magic AttackLemah Terhadap Physical Attack
4Lemah Terhadap Physical AttackLemah Terhadap Magic Attack
5Lemah Terhadap Physical AttackLemah Terhadap Magic Attack
6Lemah Terhadap Physical AttackLemah Terhadap Magic Attack
7Lemah Terhadap Magic AttackLemah Terhadap Physical Attack
8Lemah Terhadap Magic AttackLemah Terhadap Physical Attack
9Lemah Terhadap Magic AttackLemah Terhadap Physical Attack
XDst…Dst…

Jika pada giliran berikutnya Shadow Lord lemah terhadap Magical Attack, maka kamu bisa menghajarnya dengan magic. Sebaliknya, jika Shadow Lord lemah terhadap Physical Attack, maka hajar dia dengan menggunakan Skill.

Perubahan pertahanan dari Shadow Lord ini akan berganti setiap tiga kali giliran. Yang perlu kamu ingat adalah dia akan berganti pertahanan pada giliran ke-3n+1 (hayoo, masih ingat Matematika ‘kan?). Atau pada giliran ke 4, 7, dan seterusnya hingga kamu mengalahkannya.

Manfaatkan Counter Attack Milik Unitmu


Sedikit tips untuk mempermudah pertarungan: Jika kamu memiliki unit yang bisa melakukan counter attack, kamu bisa segera mengetahui apakah giliran berikutnya Shadow Lord akan lemah terhadap Physical atau Magic Attack. Contohnya: counter milik Zargabaath, jika serangan counter-nya memberikan damage minimal ribuan, maka selanjutnya Shadow Lord akan lemah dengan serangan physical; counter milik Dark Fina, jika serangan counter-nya memberikan damage minimal ribuan, maka Shadow Lord selanjutnya Shadow Lord akan lemah dengan serangn physical.

Perlu diingat, kamu harus tahu tipe counter apa yang dimiliki oleh unit-mu: apakah physical atau magic. Selain itu, membawa unit dengan counter bukanlah sebuah keharusan, tetapi kamu akan sedikit terbantu dengan hal ini.

Buff Elemen Dark


Cara Mengalahkan Shadow Lord Final Fantasy

Kebanyakan serangan magic milik Shadow Lord berelemen Dark. Oleh karena itu, jika kamu ingin bertahan hidup lebih lama, maka siapkan buff untuk Dark Resistance. Unit yang bisa melakukan hal tersebut adalah:

1. Cloud of Darkness: Rainbow Veil – 30%

Saya merekomendasikan Cloud of Darkness jika kamu tidak punya penyerang physic utama. Hal ini karena Cloud of Darkness memiliki Man-Eater+ dan juga Barrage untuk memberikan damage pada Shadow Lord. Pasangkan dengan Diabolos untuk mendapatkan tambahan Demon Killer dan Man Eater!

2. Rikku: Hyper NulAll – 40% (via Synthesis).

Salah satu support terbaik di FFBE. Kamu bisa menggunakan Synthesis di giliran pertama, lalu menggunakan Hyper NulAll di giliran berikutnya. Agak ribet, tetapi Hyper NulAll juga akan mengurangi damage yang diterima party sebesar 30%, lho! Selain itu, kamu bisa menggunakan Rikku sebagai healer (Al Bhed Potion dan Mega Phoenix). Limit Burst-nya juga berguna untuk menghidupkan kembali party.

3. Cerius: Heart of Light – 50%.

Butuh buff yang lebih besar? Gunakan Cerius! Green Mage murah meriah ini rasanya tidak terlalu sulit untuk didapatkan. Kamu juga bisa memanfaatkan Deshell dan Deprotect miliknya untuk mengurangi DEF atau SPR Shadow Lord.

4. Marie: Love You All – 50% dan Your Guardian – 70%.

Green Mage terbaik yang bisa kamu dapatkan. Selain itu, bisa Protectga dan Shellga untuk melindungi party-mu.

5. Minfilia: Shadow Guard – 70%

Nilai plus lainnya dari Minfilia adalah bisa mem-buff party-mu dengan ATK, MAG, DEF, SPR. Selain itu, dia juga immune terhadap segala macam status ailment. Oh, dan jika kamu memberi Minfilia materia Protection of the Twelve, kamu akan mendapatkan heal gratis.

6. Dark Veritas: Abyss Guard – 70%

Abyss Guard juga memberikan resistance terhadap Poison, Sleep, Silence, Confuse, dan Disease. Dan tentunya, kamu juga bisa menggunakan Dark Veritas sebagai penyerang utama di party.

7. Zaargabath: Bastion – 40%

Selain buff elemen, kamu juga bisa menggunakan Archadian Light miliknya untuk buff party ATK/DEF/MAG/SPR sebesar 60% plus ketahanan terhadap Blind, Paralyze, Confuse, dan Disease. Word of Law juga bisa digunakan untuk mengurangi damage yang kamu terima. Oh, dia juga bisa berguna sebagai MP Battery jika kamu kekurangan MP, lho!

Perlu kamu ingat, Rainbow Veil milik Tilith tidak memberikan Dark Resistance, lho!

Equipment: Dark Resist, Blind, Silence, Paralyze

Selain buff, kamu juga bisa menggunakan equipment untuk menambahkan Dark Resistance unit seperti Hero Shiled dan Demon Mail. Karena beberapa serangan Shadow Lord memberikan efek Blind, Silence, Paralyze, saya sarankan kamu memberikan equipment untuk menangkal semua hal itu pada party.

Tanker yang Bisa Melindungi Seluruh Party


Cara Mengalahkan Shadow Lord Final Fantasy

Warrior of Light sangat berguna di sini. Dia bisa melindungi party dengan menggunakan Light Is With Us! dan juga melakukan Full Break atau Arms Eraser/Armor Eraser untuk men-debuff musuh. Tanker lain yang bisa kamu gunakan untuk melindungi seluruh party adalah: Veritas of the Earth dan Charlotte.

Jangan Lupa Debuff

Untuk memaksimalkan serangan atau pertahanan, jangan lupa men-debuff musuh. Skill paling berguna untuk men-debuff musuh adalah Full Break yang dikuasai oleh Warrior of Light, Vaan, Agrias, dan masih banyak lagi. Selain itu, Ling dan Orlandeau juga bisa digunakan untuk mengurangi ATK dan MAG Shadow Lord.

MP Battery

Cara Mengalahkan Shadow Lord Final Fantasy

Pertarungan melawan Shadow Lord bisa memakan waktu yang cukup lama. Membawa beberapa unit yang bisa mengembalikan MP party akan cukup berguna di saat genting. Misalnya saja seperti: Zaargabath, Ling, dan Tilith.

Esper

Cara Mengalahkan Shadow Lord Final Fantasy

Saya menyarankan kamu untuk tidak membawa Carbuncle karena akan memberikan -50% Light Resistance kepada unitmu. Diabolos adalah esper yang sangat direkomendasikan karena memberi +50% Dark Resistance kepada unit ditambah dengan Man-Eater dan Demon Killer! Oh, dan saya rekomendasikan kamu untuk membawa Lakshmi untuk memberikan 100% Paralyze Resistance menggunakan Waking Protection miliknya.

Kesimpulan – Komposisi Party yang Seimbang: Physical dan Magic Damage: Hybrid Unit!?


Cara Mengalahkan Shadow Lord Final Fantasy

Jadi, ingin mengalahkan Shadow Lord dengan sekali pukul? Sejauh ini, saya melihat banyak pemain P2P butuh paling cepat 2 giliran untuk mengalahkan Shadow Lord (tergantung dari alur pertahanannya juga). Kebanyakan, mereka bisa mengalahkan Shadow Lord dengan menggunakan physical chainer—yang berarti tim yang bisa memberikan physical damage.

Sebenarnya, komposisi tim yang bisa memberikan physical damage saja tidaklah salah. Bagi kamu yang tidak mampu mengalahkan Shadow Lord dengan cepat, kamu akan dipaksa untuk bertahan setiap 3 kali giliran di mana Shadow Lord hanya lemah terhadap magic. Bagi kamu yang ingin terus menyerang sepanjang battle, maka saya menyarankan kamu membawa party dengan komposisi yang seimbang: memiliki penyerang yang mampu memberikan physical dan magic damage.

Dalam party yang saya gunakan, saya menggunakan Olive untuk serangan physic dan Dark Fina untuk serangan magic. Perlu diingat, ini hanya contoh unit saja. Kamu bisa mencari alternatif lain seperti Agrias untuk physical attack atau ExDeath untuk magic attack.

Oh, unit dengan serangan hybrid sangat membantu, lho! Karena mereka bisa menyerang menggunakan ATK dan MAG secara berbarengan. Unit hybrid seperti Veritas of the Light, Fryevia, dan Bartz menjadi sangat berguna dalam battle kali ini.

Cara Mengalahkan Shadow Lord Final Fantasy

The Shadow Lord Invade menjadi raid event terbaru dalam game Final Fantasy Brave Exvius. Dalam raid event kali ini, kamu akan berhadapan dengan Shadow Lord, salah satu boss yang bisa kamu temukan dalam game online Final Fantasy XI. Nah, Shadow Lord di Brave Exvius ini juga terbukti cukup sulit untuk dikalahkan di level ELT karena memiliki DEF dan SPR yang tinggi. Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada cara mengalahkan Shadow Lord ELT, lho!

Cara Mengalahkan Shadow Lord Final Fantasy

Sebelum kita mulai membahas bagaimana cara mengalahkan Shadow Lord ELT, ada baiknya kamu melihat statistiknya terlebih dahulu di sini:

Cara Mengalahkan Shadow Lord Final Fantasy

Seperti yang bisa kalian lihat di atas, Shadow Lord memiliki HP setebal 4 juta. DEF dan SPR-nya juga tidak kalah tebal, yaitu: 3.500. Selain itu, dia memiliki 100% Dark Resistance—yang mana membuatnya sulit diberi damage menggunakan serangan berelemen Dark. Meskipun kamu bisa men-debuff Dark Resistance miliknya, tetapi hal ini tidak saya sarankan karena akan mengurangi efisiensi pertarungan.

Alur Pertahanan Shadow Lord


Meskipun memiliki DEF dan SPR yang sangat tebal, tetapi seiring berjalannya pertarungan, Shadow Lord akan men-debuff DEF atau SPR-nya dengan sangat drastis. Pada giliran pertama, dia akan memiliki DEF dan SPR sebesar 3500. Saya sarankan pada giliran ini, kamu mem-buff party-mu karena mustahil untuk menghabiskan HP tebalnya pada giliran pertama.

Nah, pada giliran kedua dan seterusnya, Shadow Lord akan men-debuff DEF atau SPR-nya setiap 3 kali giliran. Kamu bisa melihat tabel di bawah ini:

GiliranAlur AAlur B
1
2Lemah Terhadap Magic AttackLemah Terhadap Physical Attack
3Lemah Terhadap Magic AttackLemah Terhadap Physical Attack
4Lemah Terhadap Physical AttackLemah Terhadap Magic Attack
5Lemah Terhadap Physical AttackLemah Terhadap Magic Attack
6Lemah Terhadap Physical AttackLemah Terhadap Magic Attack
7Lemah Terhadap Magic AttackLemah Terhadap Physical Attack
8Lemah Terhadap Magic AttackLemah Terhadap Physical Attack
9Lemah Terhadap Magic AttackLemah Terhadap Physical Attack
XDst…Dst…

Jika pada giliran berikutnya Shadow Lord lemah terhadap Magical Attack, maka kamu bisa menghajarnya dengan magic. Sebaliknya, jika Shadow Lord lemah terhadap Physical Attack, maka hajar dia dengan menggunakan Skill.

Perubahan pertahanan dari Shadow Lord ini akan berganti setiap tiga kali giliran. Yang perlu kamu ingat adalah dia akan berganti pertahanan pada giliran ke-3n+1 (hayoo, masih ingat Matematika ‘kan?). Atau pada giliran ke 4, 7, dan seterusnya hingga kamu mengalahkannya.

Manfaatkan Counter Attack Milik Unitmu


Sedikit tips untuk mempermudah pertarungan: Jika kamu memiliki unit yang bisa melakukan counter attack, kamu bisa segera mengetahui apakah giliran berikutnya Shadow Lord akan lemah terhadap Physical atau Magic Attack. Contohnya: counter milik Zargabaath, jika serangan counter-nya memberikan damage minimal ribuan, maka selanjutnya Shadow Lord akan lemah dengan serangan physical; counter milik Dark Fina, jika serangan counter-nya memberikan damage minimal ribuan, maka Shadow Lord selanjutnya Shadow Lord akan lemah dengan serangn physical.

Perlu diingat, kamu harus tahu tipe counter apa yang dimiliki oleh unit-mu: apakah physical atau magic. Selain itu, membawa unit dengan counter bukanlah sebuah keharusan, tetapi kamu akan sedikit terbantu dengan hal ini.

Buff Elemen Dark


Cara Mengalahkan Shadow Lord Final Fantasy

Kebanyakan serangan magic milik Shadow Lord berelemen Dark. Oleh karena itu, jika kamu ingin bertahan hidup lebih lama, maka siapkan buff untuk Dark Resistance. Unit yang bisa melakukan hal tersebut adalah:

1. Cloud of Darkness: Rainbow Veil – 30%

Saya merekomendasikan Cloud of Darkness jika kamu tidak punya penyerang physic utama. Hal ini karena Cloud of Darkness memiliki Man-Eater+ dan juga Barrage untuk memberikan damage pada Shadow Lord. Pasangkan dengan Diabolos untuk mendapatkan tambahan Demon Killer dan Man Eater!

2. Rikku: Hyper NulAll – 40% (via Synthesis).

Salah satu support terbaik di FFBE. Kamu bisa menggunakan Synthesis di giliran pertama, lalu menggunakan Hyper NulAll di giliran berikutnya. Agak ribet, tetapi Hyper NulAll juga akan mengurangi damage yang diterima party sebesar 30%, lho! Selain itu, kamu bisa menggunakan Rikku sebagai healer (Al Bhed Potion dan Mega Phoenix). Limit Burst-nya juga berguna untuk menghidupkan kembali party.

3. Cerius: Heart of Light – 50%.

Butuh buff yang lebih besar? Gunakan Cerius! Green Mage murah meriah ini rasanya tidak terlalu sulit untuk didapatkan. Kamu juga bisa memanfaatkan Deshell dan Deprotect miliknya untuk mengurangi DEF atau SPR Shadow Lord.

4. Marie: Love You All – 50% dan Your Guardian – 70%.

Green Mage terbaik yang bisa kamu dapatkan. Selain itu, bisa Protectga dan Shellga untuk melindungi party-mu.

5. Minfilia: Shadow Guard – 70%

Nilai plus lainnya dari Minfilia adalah bisa mem-buff party-mu dengan ATK, MAG, DEF, SPR. Selain itu, dia juga immune terhadap segala macam status ailment. Oh, dan jika kamu memberi Minfilia materia Protection of the Twelve, kamu akan mendapatkan heal gratis.

6. Dark Veritas: Abyss Guard – 70%

Abyss Guard juga memberikan resistance terhadap Poison, Sleep, Silence, Confuse, dan Disease. Dan tentunya, kamu juga bisa menggunakan Dark Veritas sebagai penyerang utama di party.

7. Zaargabath: Bastion – 40%

Selain buff elemen, kamu juga bisa menggunakan Archadian Light miliknya untuk buff party ATK/DEF/MAG/SPR sebesar 60% plus ketahanan terhadap Blind, Paralyze, Confuse, dan Disease. Word of Law juga bisa digunakan untuk mengurangi damage yang kamu terima. Oh, dia juga bisa berguna sebagai MP Battery jika kamu kekurangan MP, lho!

Perlu kamu ingat, Rainbow Veil milik Tilith tidak memberikan Dark Resistance, lho!

Equipment: Dark Resist, Blind, Silence, Paralyze

Selain buff, kamu juga bisa menggunakan equipment untuk menambahkan Dark Resistance unit seperti Hero Shiled dan Demon Mail. Karena beberapa serangan Shadow Lord memberikan efek Blind, Silence, Paralyze, saya sarankan kamu memberikan equipment untuk menangkal semua hal itu pada party.

Tanker yang Bisa Melindungi Seluruh Party


Cara Mengalahkan Shadow Lord Final Fantasy

Warrior of Light sangat berguna di sini. Dia bisa melindungi party dengan menggunakan Light Is With Us! dan juga melakukan Full Break atau Arms Eraser/Armor Eraser untuk men-debuff musuh. Tanker lain yang bisa kamu gunakan untuk melindungi seluruh party adalah: Veritas of the Earth dan Charlotte.

Jangan Lupa Debuff

Untuk memaksimalkan serangan atau pertahanan, jangan lupa men-debuff musuh. Skill paling berguna untuk men-debuff musuh adalah Full Break yang dikuasai oleh Warrior of Light, Vaan, Agrias, dan masih banyak lagi. Selain itu, Ling dan Orlandeau juga bisa digunakan untuk mengurangi ATK dan MAG Shadow Lord.

MP Battery

Cara Mengalahkan Shadow Lord Final Fantasy

Pertarungan melawan Shadow Lord bisa memakan waktu yang cukup lama. Membawa beberapa unit yang bisa mengembalikan MP party akan cukup berguna di saat genting. Misalnya saja seperti: Zaargabath, Ling, dan Tilith.

Esper

Cara Mengalahkan Shadow Lord Final Fantasy

Saya menyarankan kamu untuk tidak membawa Carbuncle karena akan memberikan -50% Light Resistance kepada unitmu. Diabolos adalah esper yang sangat direkomendasikan karena memberi +50% Dark Resistance kepada unit ditambah dengan Man-Eater dan Demon Killer! Oh, dan saya rekomendasikan kamu untuk membawa Lakshmi untuk memberikan 100% Paralyze Resistance menggunakan Waking Protection miliknya.

Kesimpulan – Komposisi Party yang Seimbang: Physical dan Magic Damage: Hybrid Unit!?


Cara Mengalahkan Shadow Lord Final Fantasy

Jadi, ingin mengalahkan Shadow Lord dengan sekali pukul? Sejauh ini, saya melihat banyak pemain P2P butuh paling cepat 2 giliran untuk mengalahkan Shadow Lord (tergantung dari alur pertahanannya juga). Kebanyakan, mereka bisa mengalahkan Shadow Lord dengan menggunakan physical chainer—yang berarti tim yang bisa memberikan physical damage.

Sebenarnya, komposisi tim yang bisa memberikan physical damage saja tidaklah salah. Bagi kamu yang tidak mampu mengalahkan Shadow Lord dengan cepat, kamu akan dipaksa untuk bertahan setiap 3 kali giliran di mana Shadow Lord hanya lemah terhadap magic. Bagi kamu yang ingin terus menyerang sepanjang battle, maka saya menyarankan kamu membawa party dengan komposisi yang seimbang: memiliki penyerang yang mampu memberikan physical dan magic damage.

Dalam party yang saya gunakan, saya menggunakan Olive untuk serangan physic dan Dark Fina untuk serangan magic. Perlu diingat, ini hanya contoh unit saja. Kamu bisa mencari alternatif lain seperti Agrias untuk physical attack atau ExDeath untuk magic attack.

Oh, unit dengan serangan hybrid sangat membantu, lho! Karena mereka bisa menyerang menggunakan ATK dan MAG secara berbarengan. Unit hybrid seperti Veritas of the Light, Fryevia, dan Bartz menjadi sangat berguna dalam battle kali ini.

Subscribe Our Newsletter